all about electricity (indonesia)

Ketahanan Energi Indonesia

apo pakistan

Tidak seperti biasanya, setelah Lebaran kemarin, kali ini saya diberi Ayah saya yang mantan aktivis mahasiswa, sebuah buku. Uniknya, buku ini terkait langsung dengan apa yang saya kerjakan saat ini, dan kebetulan saya pernah bertemu langsung dengan pengarangnya. Langsung saja ya… Saya akan sedikit mengulas buku tersebut, yang berjudul, “Energi Selamatkan Negeri”, karya Dr. Herman Darnel Ibrahim. Saya mengenal beliau ketika beliau masih menjabat sebagai Direktur SDM PT Indonesia Power. Beliau sendiri lebih dikenal sebagai anggota Dewan Energi Nasional dan pernah menjadi Direktur Transmisi dan Distribusi PT PLN (Persero).

Beliau menuangkan pemikiran, perhatian, concern mengenai energi di Indonesia dalam buku ini. Pendapat beliau dalam buku ini dipuji Teguh Esha (penulis Ali Topan) sebagai cerminan intelektual, sekaligus Patriot yang berjuang demi NKRI. Teguh Esha sendiri dalam buku ini berperan melakukan “sedikit” Alih Bahasa agar buku ini tidak terlalu “berat” dengan membahasakannya ke bahasa yang populer.

buku energi selamatkan negeri

Dua bab pertama buku ini lebih banyak membicarakan terminologi dan data historis energi di Indonesia. Di bab berikutnya Dr. DHI membicarakan mengenai apa sebetulnya problem energi di negeri ini. Solusi menjadi hal utama yang beliau teriakkan. Walau demikian beliau sepenuhnya sadar, seperti yang kita ketahui bersama, isu-isu ini kerap digoreng politisi untuk mendapatkan simpati publik (kebijakan-kebijakan populis seperti mensubsidi BBM). “Subsidi orangnya, bukan komoditasnya”, menurut beliau untuk BBM.

Ketahanan (security) energi di masa depan menjadi perhatian utama. Beliau menekankan perubahan pola pikir bahwa Indonesia kaya akan sumber daya energi perlu dikoreksi. Di banding negara-negara lain di dunia, cadangan migas dan batubara terhitung kecil, sehingga beliau menegaskan, “Stop ekspor gas dan batubara !”, dalam rangka memperoleh competitive advantage.

indonesia tidak kaya energi

Dari sisi konten, buku ini memberikan argumentasi yang “mencerahkan” dan terhitung komprehensif isinya, walaupun jika membicarakan topik “energi” tentu tidak lepas dari dunia migas (oil & gas). Di buku ini tidak terlalu banyak detail di dunia migas yang disinggung. Hal ini wajar mengingat latar belakang beliau lebih banyak bergelut di dunia kelistrikan. Lay-out buku bisa lebih baik lagi, untuk menghindari kesan padat dan berat. Secara keseluruhan, buku ini sangat membantu anda yang ingin memahami persoalan “Energi” di Indonesia dan solusi-solusinya dalam satu malam🙂

 

Comments on: "Ketahanan Energi Indonesia" (4)

  1. broh kalo mao pesen / beli buku energi selamatkan negeri ini dimana yaah?
    ane cari di gramedia online gak ada
    mohon bantuan

  2. bales donk broh😦

    • Mohon maaf, saya juga tidak tahu.
      Mungkin bisa coba ke penerbitnya, The Indonesian Reform Institute dan Media Energi Negeri, di jalan Nangka no.16, Pejaten Barat, Jakarta Selatan atau email penerbit: indonesian.reform[at]yahoo.co.id

  3. hermandarnel@yahoo.com said:

    Pak Imaduddin, Komentarnya Fair. Salam HDI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

Nulis Apaan Aja Deh

all about electricity (indonesia)

%d blogger menyukai ini: