all about electricity (indonesia)

Sudah cukup lama saya tidak menulis disini. Kali ini saya bercerita tentang keikutsertaan saya dalam konferensi turbin gas tahun lalu di Singapura.

Gambar

Konferensi 5th Annual Gas Turbines ini diselenggarakan di Singapore 10-13 Mei 2011. Konferensi ini diselenggarakan oleh IBC Asia mengundang para pemakai, pabrikan, pemberi jasa perbaikan, konsultan, pemilik aset dan semua stakeholder yang terkait dengan Gas Turbine dari negara-negara di Asia dan Australia. Forum konferensi ini dapat dibilang sebagai forum independen yang menyuarakan aspirasi, pengalaman, ide-ide dalam pengelolaan turbin gas.

Maksud kehadiran saya disini adalah sebagai salah satu usaha untuk meningkatkan kemampuan dalam mengelola aset turbin gas di tempat saya bekerja.

Sebagai salah satu pembicara dalam konferensi ini, saya menyampaikan pengalaman pengoperasian dan pemeliharaan turbin gas M701D buatan MHI. Selain sebagai pembicara, juga dipercaya sebagai salah satu pengisi diskusi panel dan juru bicara kelompok diskusi. Salah satu topik yang hangat dibicarakan adalah tentang manajemen pengelolaan suku cadang utama turbin gas, terutama pengalaman sebagai end user turbin gas yang telah berpengalaman mengelola suku cadang utama turbin gas bersama pabrikan melalui perjanjian kontrak payung yang dikenal sebagai Long Term Service Agreement.

Gambar

Pemaparan presentasi, diskusi tanya jawab, diskusi panel, diskusi kelompok membuka hal-hal yang selama ini tidak banyak diketahui, bahkan oleh sesama pemakai turbin gas. Hal-hal menarik ini misalnya pengalaman pengelolaan aset Marubeni yang memiliki turbin gas dari 4 pabrikan yang berbeda, pengalaman repowering Senoko sebagai usaha survival dalam persaingan antar IPP di Singapore, pengalaman pemakai turbin gas MHI berikut LTSA-nya oleh kelompok usaha yang berbisnis pembangkit IPP, pengalaman perusahaan minyak mengoperasikan turbin gas 70000 jam tanpa overhaul, pengalaman pencarian penyebab vibrasi turbin gas di pasar deregulasi Australia, tawaran repair parts turbin gas dengan teknologi single crystal atau bahkan bisnis jual-beli pembangkit bekas dan masih banyak lagi yang dapat ditemui dalam konferensi ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

Nulis Apaan Aja Deh

all about electricity (indonesia)

%d blogger menyukai ini: